Pentingnya Asuransi Travel Saat Perjalanan Pribadi, Bisnis, Wisata, dan Ibadah


BELUM banyak masyarakat kita yang mengenal betul asuransi perjalanan. Padahal, tidak dapat dimungkiri bahwa asuransi perjalanan merupakan bagian terpenting saat kita merencanakan liburan.

Berbagai risiko dalam perjalanan bisa saja terjadi. Sebut saja saat badai salju melanda Eropa beberapa waktu lalu, banyak penerbangan pesawat yang dibatalkan. Berwisata dan bepergian ke luar negeri sudah menjadi hal lumrah. Liburan kini sudah beralih menjadi suatu kebutuhan. Namun, betapa banyak orang yang pergi berlibur, memiliki kenangan yang indah, dan kembali tanpa merasa sakit?

Namun, sebagian kecil dari mereka menemui hal-hal tak terduga lainnya, seperti masuk rumah sakit,bencana alam,kehilangan bagasi,hingga pembatalan reservasi. Ketika menemukan hal tak terduga ini dan mencoba mencari bantuan tanpa asuransi perjalanan, maka konsekuensi yang ada bukan hanya mengeluarkan biaya yang mahal, juga akan membuat Anda kewalahan.Tentu saja membeli asuransi perjalanan akan menjamin Anda mendapat kompensasi ketika terjadi sesuatu yang salah dalam perjalanan liburan.


Pentingnya membeli asuransi perjalanan akan Anda rasakan ketika bepergian ke negara kawasan Eropa. Sebab, umumnya memang negara-negara di Eropa mewajibkan setiap pelancong yang melakukan perjalanan bisnis, wisata, maupun perjalanan pendidikan untuk membeli asuransi perjalanan sesuai dengan standar yang diberlakukan.

Dengan membeli asuransi perjalanan (travel insurance), pelancong bisa berpikir lebih tenang menikmati liburan.Asuransi perjalanan akan memberikan solusi dari masalah yang bisa muncul sewaktu-waktu. Berbagai manfaat yang bisa didapat bergantung pada jenis proteksi yang Anda pilih. Di antaranya ada perlindungan terhadap risiko kematian, penggantian atas biaya medis yang dikeluarkan selama perjalanan, penggantian sesuai dengan nilai sebenarnya atas bagasi dan barang-barang pribadi dalam koper yang hilang atau rusak.

Ada pula santunan tunai bila penundaan penerbangan, tanggung jawab hukum saat bepergian ke luar negeri, dan berbagai keuntungan lainnya. Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Hendrisman Rahim mengatakan, dengan memiliki asuransi,seseorang akan memiliki proteksi terhadap berbagai risiko yang mungkin saja terjadi.Misalnya dalam perjalanan,seperti risiko kondisi medis atau risiko terjadinya kecelakaan.Asuransi, termasuk asuransi perjalanan, Hendrisman menyebutkan, saat ini juga bisa menjadi investasi.

“Pemegang polis akan terhindar dari risiko finansial atau mahalnya biaya tak terduga ini,”sebut Hendrisman saat dihubungi SINDO, kemarin. Dia menilai, keuntungannya dari memiliki asuransi perjalanan adalah terhindar dari kecemasan saat perjalanan. Kini ada banyak macam asuransi perjalanan yang ditawarkan perusahaan asuransi. Berbagai pilihan dan kelebihan ini akan sangat bergantung pada kebutuhan. Jadi, sangat disarankan untuk mengetahui secara detail informasi jaminan dan paket yang sesuai.

Secara umum, asuransi perjalanan dibagi dalam dua jenis penangguhan asuransi yang dibagi atas tata cara pembayarannya,yaitu primer dan sekunder. Penangguhan primer, berarti perusahaan akan melakukan pembayaran di muka, yakni pembayaran yang akan dibayarkan kepada pembuat klaim. Penangguhan sekunder berarti perusahaan asuransi akan membayar hanya setelah Anda mengklaim sebanyak yang Anda dapat dari asuransi lain yang mungkin Anda miliki.

Jadi, Anda dapat membedakannya bahwa penangguhan primer jauh lebih baik daripada penangguhan sekunder. Lalu,tanggungan apa yang paling utama dalam asuransi perjalanan? Ada dua risiko terbesar yang ditangguhkan oleh kebanyakan polis asuransi perjalanan, yakni biaya yang mengubah rencana perjalanan Anda dan biaya perawatan medis serta pertolongan darurat yang diperlukan saat Anda bepergian.

Kebanyakan polis asuransi perjalanan akan menangguhkan beberapa ratus dolar untuk kondisi kehilangan barang, kerusakan, keterlambatan, kehilangan dokumen perjalanan, atau hal-hal kecil yang menunda penerbangan atau beberapa gangguan lainnya. Beberapa asuransi juga akan mengirim seseorang untuk terbang ke tempat Anda jika Anda dirawat di rumah sakit selama 2-3 hari atau lebih. Biaya terbesar lainnya adalah supplier yang bisa saja mengalami kebangkrutan.

Untuk mendapatkan asuransi perjalanan/travel dari Sinarmas, silahkan lihat informasinya di sini atau langsung di sini.

Atau jika Anda menginginkan variasi lain asuransi perjalanan dari Sinarmas yang bersifat seasonal/Insidental, silahkan baca informasi mengenai Simas Mudik yang dapat mencover asuransi perjalanan mudik Anda di Sini.

Sumber:
http://travel.okezone.com/read/2012/05/30/407/638435/pentingnya-asuransi-saat-perjalanan

2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Agan admin
    skedar info, mungkin mau nambah koleksi bisnis
    www.bit.ly/asuransionline
    ASURANSI ONLINE MURAH DAN MUDAH
    *mulai Rp.15.000/bulan
    *Tanpa cek dokter
    *Daftar via online/SMS
    *dll

    Selengkapnya bisa dipelajari di
    www.bit.ly/asuransionline

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  2. Wa'alaikum salam wr wb!
    Terima kasih atas informasinya. Mudah-mudah bermanfaat.....salam sukses!

    Wassalamu'alaikum wr wb!

    BalasHapus

Silahkan Sampaikan Komentar Anda Di Sini